Monday, May 03, 2004

Jaringan Silaturahmi

Sumber: MQ Biz

["Orang-orang sukses mencari dan membangun jaringan, orang-orang lain mencari pekerjaan" - RichDad's]

Aa Gym bilang, jaringan adalah sebuah kata kunci yang harus benar-benar dipahami oleh siapa pun yang ingin sukses dalam hidup ini. Orang-orang sukses adalah mereka yang berhasil mencari dan membangun jaringan.

Setiap orang tentu butuh teman, relasi, kolega, mitra atau orang-orang yang dapat mendukung pengembangan kehidupan pribadi maupun profesionalnya. Bisa dibilang, kualitas kehidupan kita sangat ditentukan oleh kualitas jaringan (network) orang-orang dalam kehidupan kita. Sehingga sangatlah penting bagi siapa pun yang ingin sukses untuk memahami dan menguasai ketrampilan mencari dan membangun jaringan. Dengan demikian, tercapailah cita-cita dan tujuan hidup kita di dunia dan juga di akhirat nanti.

Dalam banyak kasus, hidup kita ternyata lebih dimudahkan dengan adanya sistem jaringan. Misalnya, pada World Wide Web (WWW) alias Internet. Internet bekerja melalui sistem jaringan yang saling terkoneksi antarkomputer di seluruh dunia. Komputer siapa pun yang telah tersambung dengan jaringan ini, bisa saling berinteraksi. Mengirim surat, pemesanan dan pembayaran barang, akses informasi, dan lain sebagainnya. Internet sangat memungkinkan semakin banyak bisnis dan orang bekerja memanfaatkan kedahsyatannya.

Kita juga dimudahkan dengan adanya jaringan seperti mesin faksimili, jaringan pengiriman barang, jaringan televisi, jaringan organisasi profesi atau bentuk-bentuk lainnya. Sebaliknya, terkadang kita direpotkan pula oleh adanya jaringan yang bercitra negatif, seperti jaringan teroris, jaringan mafia obat-obatan terlarang, dan lain sebagainya. Jaringan ternyata bisa memudahkan, bisa pula menyulitkan kehidupan kita.

Charles-Albert Poissant dalam bukunya Rahasia Keberhasilan 10 Jutawan Terkemuka Dunia, mengatakan bahwa untuk menjadi jutawan terkemuka, kita harus mengembangkan jaringan. Tiada lain, karena jaringan akan membantu kita menaiki jenjang sukses jauh lebih cepat dari yang pernah kita bayangkan.

Begitu pula bagi mereka yang ingin sukses dalam bisnis network marketing, jaringanlah yang menjadi dasar kesuksesan seorang yang menggeluti bisnis berbasis networking. Sehingga pemahaman atas kata ini menjadi suatu hal yang sangat penting.

Dalam khazanah islam, kita mengenal istilah silaturahmi untuk maksud yang sama. Secara estimologis, silaturahmi berarti menghubungkan kekerabatan dan persaudaraan atas dasar cinta dan kasih sayang, sekaligus menghilangkan segala kedengkian, kebencian dan permusuhan di antara sesama.

Silaturahmi pada akhirnya akan melahirkan kekuatan jaringan yang sangat dahsyat. Dengan kekuatan silaturahmilah tiada masalah, kecuali yang bisa dipecahkan. Tiada ada hal yang berat kecuali yang bisa diangkat. Dan tiada jalan buntu kecuali yang bisa ditembus. Inilah esensi penting dari silaturahmi.

Jakarta, May 1

0 Comments:

Post a Comment

<< Home