Ketulusan 1
Sumber: CNI News Maret 2004
Memberi tanpa berharap imbalan adalah tindakan paling sulit. Misalnya, saat Anda pada kenalan baru Anda menceritakan tips bagaimana membangun rumah yang baik namun murah, mencari tukang yang bagus, atau menunjukkan toko bahan bangunan yang murah. Tentu, Anda tak terpikir untuk mengutip "jasa konsultasi" kan? Anda memberikannya secara cuma-cuma, tulus dan tanpa berharap imbalan apa pun. Justru di situlah keberhasilan Anda. Sang kenalan baru akan senantiasa mengenal Anda secara positif.
Contoh lain, seorang sales person dealer mobil menceritakan tentang detail harga mobil-mobil yang dipajang plus kondisi masing-masing kendaraan. Meski ternyata dana Anda tak mencukupi untuk membeli sebuah mobil termurah sekali pun, sales person itu tetap melayani Anda dengan baik. Maka, Anda pun akan mengenang sang sales person itu secara positif.
Dampaknya? Siapa tahu, saat seorang relasi akan membeli mobil, Anda tak ragu lagi merekomendasikan dealer mobil tempat sales person itu bekerja. Meski sebagai sales ia kecewa karena Anda tak jadi beli mobil, tapi ia sadar betul bahwa ia harus meninggalkan kesan yang baik bagi setiap pelanggannya.
Jakarta, April 22
Sumber: CNI News Maret 2004
Memberi tanpa berharap imbalan adalah tindakan paling sulit. Misalnya, saat Anda pada kenalan baru Anda menceritakan tips bagaimana membangun rumah yang baik namun murah, mencari tukang yang bagus, atau menunjukkan toko bahan bangunan yang murah. Tentu, Anda tak terpikir untuk mengutip "jasa konsultasi" kan? Anda memberikannya secara cuma-cuma, tulus dan tanpa berharap imbalan apa pun. Justru di situlah keberhasilan Anda. Sang kenalan baru akan senantiasa mengenal Anda secara positif.
Contoh lain, seorang sales person dealer mobil menceritakan tentang detail harga mobil-mobil yang dipajang plus kondisi masing-masing kendaraan. Meski ternyata dana Anda tak mencukupi untuk membeli sebuah mobil termurah sekali pun, sales person itu tetap melayani Anda dengan baik. Maka, Anda pun akan mengenang sang sales person itu secara positif.
Dampaknya? Siapa tahu, saat seorang relasi akan membeli mobil, Anda tak ragu lagi merekomendasikan dealer mobil tempat sales person itu bekerja. Meski sebagai sales ia kecewa karena Anda tak jadi beli mobil, tapi ia sadar betul bahwa ia harus meninggalkan kesan yang baik bagi setiap pelanggannya.
Jakarta, April 22
0 Comments:
Post a Comment
<< Home