Tuesday, May 18, 2004

Distributor Andal

Sumber: MLM Indonesia

Menjadi seorang distributor yang tangguh, andal dan sukses di MLM perlu berbekal kiat tertentu. Tips yang bisa menunjang diri anda terus berkembang dan bersemangat dalam menjalani bisnis adalah tetap maju, pantang mundur dan tidak cepat patah semangat. Cobaan dan tantangan yang berat bakal anda lalui, sehingga butuh kesabaran, ketabahan dan keterbukaan untuk menerimanya. Berikut ini tindakan positif yang perlu anda lakukan:

1. Pelaku sekaligus konsumen
Sebagai distributor MLM, anda tak hanya bisa menjual, tetapi juga wajib menggunakan produk MLM yang anda jalani. Kenapa? Agar manfaat dan kegunaan produk tersebut benar-benar anda rasakan sendiri. Hal ini perlu dilakukan karena anda bisa dengan nyaman menjalani bisnis MLM tersebut, sehingga saat anda menawarkan produk kepada calon pembeli atau anggota baru, anda dengan mudah dan meyakinkan bisa menjelaskan dengan baik kepada mereka. Bayangkan, betapa malunya anda jika calon prospek anda bertanya "bagaimana dengan anda sendiri, apakah anda juga menggunakan produk yang anda tawarkan ini? Apa jadinya kalau jawaban anda "belum". Tentu saja mereka tidak akan tertarik dan menaruh rasa antusias kepada anda, karena anda tidak mempresentasikan diri anda dengan baik. Setelah menggunakan produk untuk diri anda sendiri, barulah menawarkannya kepada orang lain.

2. Selalu belajar dan terus belajar
Banyak leader MLM yang sukses dan cepat meraih keberhasilan karena banyak belajar. Banyak cara yang mereka lakukan. Yang mudah dan menyenagkan, sering-seringlah membaca buku yang bermanfaat untuk pengembangan diri dan pengembangan bisnis MLM anda. Anda akan mudah menemukan buku-buku tersebut di toko-toko buku. Di antara buku yang sangat menunjang dan perlu dibaca adalah buku-buku karangan Robert T Kiyosaki (Cashflow quadrant, Rich dad Poor Dad, Business School, Retire Young Retire Rich dll ) Buku karangan Zig Ziglar, Anthony Robbins, Burke Hedges, Mac Gill, Bill Gates dan Aa Gym. Serta masih banyak lagi. Selain belajar lewat bacaan, anda juga bisa memanfaatkan akses internet, dengan surfing ke situs-situs motivasi dan situs belajar online. Selain itu, anda juga bisa belajar dari upline atau leader anda. Lakukan home sharing, diskusikalah permasalahan anda. Catatlah semua tips dan kiat-kiat sukses dari para leader untuk memudahkan anda bergerak, serta mendengar cerita atau kisah lucu, haru dan tidak mengenakkan yang dialami leader anda, guna menambah kekuatan dan semangat anda. Bulatkan tekad untuk belajar sungguh-sungguh.

3. Pergunakan teknik adifikasi
Jika anda baru pertama kali atau belum lama menekuni bisnis MLM, anda perlu melakukan teknik adifikasi. Teknik seperti ini adalah teknik menawarkan sebuah bisnis atau memasarkan binis MLM dengan cara memberikan contoh kepada calon downline anda. Caranya, menemukan atau memberitahukan siapa saja (termasuk leader anda ) yang sudah sukses di bisnis MLM tersebut, agar turut memotivasi calon downline anda, memberikan penjelasan dan berbagi ilmu. Kebanyakan orang yang diprospek selalu bertanya siapa saja yang sudah sukses, berapa lama, bagaimana caranya dsb. Jika anda baru memulai, tentunya bukti belum begitu mendukung. Maka jalan satu-satunya adalah memanggil upline anda. Mengundang prospek ke acara gedung (presentasi/motivasi yang dilakukan dalam gedung pertemuan) adalah hal yang mudah untuk mengadifikasi.

4. Jangan bekerja sendiri
Dalam bisnis jaringan (network marketing), jarang sekali dan hampir tidak ada orang yang sukses sendiri tanpa bantuan orang lain. Ingat, network marketing terkait erat sekali dengan relationship business, yakni berbisnis secara kekeluargaan, sepaham dan sevisi. Berusaha membentuk sebuah tim kerja yang solid, membentuk tim kerja yang bagus dengan jadwal terencana. Juga menjalin komunikasi yang baik dengan leader, upline dan downline anda secara terus menerus. Ini penting dilakukan, karena bisnis anda bermain dengan waktu, informasi dan kecepatan. Tanpa komunikasi, anda akan terlambat memonitor informasi terbaru, bergerak dan maupun melakukan percepatan bisnis. Apa yang terjadi jika anda menjalankan bisnis ini sendirian? Pasti anda kembali ke selera asal , jiwa entrepreneurship anda kembali padam, dan anda kembali seperti semula. Jangan sia-siakan waktu anda hanya karena kesalahan dalam berkomunikasi.

5. Gunakan semua media penunjang
Dalam menjalankan bisnis MLM, anda juga harus kreatif dan inovatif. Memanfaatkan media penunjang dari perusahaan, seperti brosur produk, kesaksian, brosur marketing plan maupun VCD. Distribusikan media penunjang itu kepada relasi atau teman anda dengan cara meminjamkannya untuk dipelajari. Jika jarak anda jauh dengan mereka, gunakanlah internet. Internet ibaratnya dunia dalam genggaman anda. Jadi pergunakan situs bisnis yang anda miliki. Anda pun bisa melakukan inovasi dan kreasi sendiri. Yang terpenting, bagaimana agar bisnis yang anda tawarkan menarik dan mempunyai prospek serta masa depan yang bagus. Lagi-lagi, media offline berupa acara presentasi atau success seminar, jadi andalan utama dalam bisnis MLM. Kalau di tempat anda belum ada acara semacam itu, bentuklah tim dan ciptakan acara sendiri. Dengan demikian, anda punya peluang besar menjadi leader hebat di wilayah anda sendiri.

6. Dream builder
Ingatlah, tak ada kata gagal dalam bisnis MLM. Yang ada hanyalah kesuksesan yang tertunda, atau belum sukses, tapi dia sudah berhenti. Ingat-ingatlah dalam diri anda; "kalau mereka bisa, kenapa saya tidak?" Dengar dan tampung semua impian downline anda. Pertemukan bersama dengan impian anda, satukan dalam langkah dan bergeraklah maju seperti leader-leader anda. Jangan melihat ke belakang, jangan ingat masa sulit anda. Terus maju dan selalu menyenangi segala langkah yang anda tempuh bersama jaringan anda. Bisnis anda akan berhasil jika anda selalu membawa kata "senang" dalam menawarkan kepada orang lain. Semua kendala yang anda hadapi adalah sebuah proses dari keberhasilan yang akan anda raih. Sebenarnya mereka bukan menolak dengan apa yang anda tawarkan, tetapi mereka belum membuka diri untuk anda. Karena itu, bukalah impian mereka, samakan visi dan presepsi dulu, baru kemudian jelaskan bisnis MLM anda. Anda siap menjadi pembangun mimpi (dream builder) dan wirausaha yang tangguh.

7. Duplikasi
Dalam network marketing, langkah ini sangat penting sekali untuk percepatan bisnis anda. Tanpa duplikasi bisnis, bisnis MLM anda akan berjalan lambat dan kurang bergairah. Bagaimana agar bisnis MLM anda mengalami percepatan yang baik? Lakukan langkah demi langkah di atas dengan benar. Pahami akan karakter downline anda (artinya, anda harus pintar memadukan/meracik bisnis MLM anda seenak bartender membuat minuman. Jika ada downline anda senang menjadi konsumen saja, maka perlakukanlah dia sebaik-baiknya. Jika downline anda bisa melakukan langkah nomor 1, 2 dan 3 saja, maka andapun juga harus paham dan bisa membantu untuk mencoba langkah nomor 4, dan seterusnya. Proses pembelajaran bisnis yang terencana dilakukan selangkah demi selangkah. Jika anda ingin jaringan bisnis anda berkembang baik, duplikasikan bisnis anda dengan benar dan bertahap.

Jakarta, May 18

0 Comments:

Post a Comment

<< Home