Tuesday, May 04, 2004

Mengubah Pola Pikir

Sumber: CNI Bisa

"Ubahlah cara anda melihat suatu masalah"

Mulailah melihat atasan yang otoriter, bawahan yang tak kooperatif, pelanggan yang cerewet dan pasangan yang mau menang sendiri sebagai tantangan dan rahmat yang terselubung. Orang-orang ini sangat berjasa bagi anda karena dapat membuat anda lebih kompeten, lebih professional, lebih arif dan lebih sabar.

John Gray, penulis buku Men Are From Mars and Women Are From Venus melihat masalah dan kesulitan dengan cara berbeda. Menurutnya, "Semua kesulitan sesungguhnya merupakan kesempatan bagi jiwa untuk tumbuh".

Sedangkan Stephen Covey pernah mengatakan, "Kalau anda menginginkan perubahan kecil dalam hidup, garaplah perilaku anda. Tapi bila anda menginginkan perubahan-perubahan yang besar dan mendasar, garaplah paradigma (pola pikir) anda".

Covey benar, perubahan tidak selalu dimulai dari cara kita melihat (See). Ia bisa juga dimulai dari perilaku kita (Do). Namun, efeknya sangat berbeda.

Pendekatan hukum bersifat outside-in dan dimulai dengan Do. Orang tidak mau korupsi karena takut akan hukumannya, bukan karena kesadarannya. Pada dasarnya orang tersebut belum berubah, karena itu ia masih mencari celah-celah yang dapat dimanfa'atkannya.

Pendekatan SDM berusaha mengubah cara berpikir orang. Akar korupsi sebenarnya adalah pada cara orang melihat. Selama jabatan dilihat sebagai kesempatan menumpuk kekayaan, bukan sebagai amanah yang harus dipertanggung jawabkan, selama itu pula korupsi tak akan pernah hilang.Inilah pendekatan inside-out. Memang jauh lebih sulit, tetapi efek yang dihasilkannya jauh lebih mendasar.

Jakarta, May 4

0 Comments:

Post a Comment

<< Home