Friday, November 24, 2006

Benarkah Pria Lebih Tahu Soal Mobil?


Selama ini, orang mengira bahwa pria lebih banyak tahu tentang mobil ketimbang wanita. Karena itu, banyak wanita yang meminta tolong teman prianya, saat mengalami masalah dengan mobilnya. Seperti ditunjukkan survei Jiffi Lube International di Amerika Serikat, yang menyebutkan bahwa 69% pria dan 64% wanita berpikir bahwa pria lebih tahu dari wanita soal perawatan mobil.

Tapi benarkah begitu? Jiffi Lube International mencoba memastikannya lewat survei. Sejumlah responden diberi pertanyaan-pertanyaan tentang dasar perawatan mobil. Hasilnya ternyata cukup mencengangkan.

~ Ketika ditanyakan di mana harus mencari informasi tekanan angin ban di mobil, 67% pria dan 45% wanita menjawab, terletak di dinding ban. Padahal yang benar, informasi tekanan ban terletak di balik pintu atau buku manual, karena tekanan angin ban setiap model mobil sangat spesifik. Sedangkan informasi di dinding ban menunjukkan tekanan angin maksimal yang direkomendasikan pembuat ban. Ternyata 22% wanita dan 16% pria memberi jawaban benar, bahwa tekanan angin ban bukan di di dinding ban.

~ Sebanyak 67% pria dan 46% wanita mengira, mengganti oli biasa dengan oli sintetis bisa memperpanjang jarak tempuh mobil. Ini salah. "Mengganti oli biasa dengan oli sintetis tidak otomatis memperpanjang interval penggantian mobil," kata Mark Ferner, pakar otomotif dari Jiffy Lube International. "Rekomendasi produsen mobil dan kondisi dimana mobil di kendarai juga penting. Kebanyakan buku manual pemilik mencantumkan dua interval penggantian biasa, satu untuk penggunaan normal dan satunya lagi bila digunakan dengan keras/berat. Bila mobil sering harus idle sangat lama, digunakan di jalanan macet, atau cuaca yang sangat ekstrim, maka mobil anda tampaknya berpeluang untuk lebih sering diservis, termasuk ganti oli," tambahnya.

~ Masa pakai normal kebanyakan karet wiper kaca depan biasanya 6 hingga 12 bulan. Sebanyak 54% pria dan 49% wanita mengetahui itu, sedangkan 39% pria dan 38% wanita mengira usia pakainya 1 hingga 5 tahun. "Kebanyakan pengemudi tidak waspada dan memberi perhatian pada kondisi bilah wiper hingga terperangkap di cuaca buruk," kata Ferner. "Memeriksa dan mengganti karet wiper bila perlu, bisa meningkatkan visibilitas untuk terhindar dari situasi berbahaya di jalan."

~ Sebanyak 50% pria dan 50% wanita sadar bahwa ban yang kurang tekanan angin, filter udara kotor, wheel alignment (keseimbangan putaran roda) yang tidak pas, dan tutup bensin longgar bisa mengurangi efisiensi bahan bakar. Banyak studi menunjukkan menjaga tekanan angin ban sesuai rekomendasi dan mengganti filter udara yang kotor bisa menghemat bensin antara 10 - 29 persen. "Menghindari kebiasaan membejek gas dalam-dalam saat akselerasi, ngebut dan idling (berhenti dalam keadaan mesin menyala) berlama-lama juga membantu menghemat bensin," tutur Farner.

~ Sekitar 47% pria dan 27% wanita mengetahui filter udara kabin membersihkan udara yang dihirup penumpang. "Saat ini banyak mobil yang dilengkapi filter udara kabin yang harus diganti secara periodik dan kebanyakan tidak tahu hal ini," tutur Ferner. "Buku manual pemiliki menjelaskan seberapa sering filter udara ini harus diganti," tambahnya.


*) Jiffy Lube adalah pionir bengkel oli kilat dengan 2.200 jaringan pusat servis di seluruh Amerika Utara dan merawat sekitar 27,5 juta mobil pertahun. Berpusat di Houston, perusahaan ini termasuk keluarga besar Shell Oil Co.

Studi ini diselenggarakan bersama Opinion Research Corp. yang melakukan survei per telepon terhadap 524 pria dan 522 wanita yang berumur 18 tahun ke atas. Data dikumpulkan antara 31 Maret-3 April 2006 dengan tingkat kesalahan 3,2%.


sumber: mobilku.com
image: mobilku.com

2 Comments:

Blogger Sitta said...

saya hampir sama sekali ga tahu ttg mobil :P

3:32 PM  
Blogger Tian Arief said...

tampaknya, mbak tidak sendirian. :)

7:20 PM  

Post a Comment

<< Home