Monday, April 18, 2016

Pilih Restorasi Atau Baru?



Mobil ini tampak seperti baru keluar dari pabrik. Padahal ini mobil lawas, produksi 1997, kemudian direstorasi. Pelakunya, bengkel restorasi Atsashi Sumoto's Garage. Rapi kali ya? ;)


Aslinya, mobil ini Suzuki Katana 4x2 1997, yang kemudian berubah konsep jadi Suzuki Jimny SJ30 (4x4) 1984 -sebuah model versi JDM yang hanya beredar di pasar Jepang.   

Suku cadangnya, menurut Andre dari rumah modifikasi itu, didatangkan langsung dari Jepang, antara lain, pelek berukuran 16 inci (aslinya 15 inci). Juga suku cadang lainnya.

Pengerjaannya  pun tidak mudah, perlu satu tahun lebih untuk menggarap Katana yang bereinkarnasi menjadi Jimny SJ30 itu.

Catnya pun dibuat seorisinil mungkin, dengan mempertahankan nat yang ada. Termasuk lis yang ada di atap, yang butuh waktu pengerjaan selama satu bulan.


Berapa biaya untuk merestorasi mobil sampai tampak seperti baru keluar dari diler ini? Andre mengatakan, biayanya mencapai Rp 200 jutaan. Harga itu sudah termasuk suku cadang, namun belum termasuk harga mobil itu sendiri.

Di pasaran  mobil bekas, harga Katana 1997 sekitar Rp 50 jutaan. Jadi, untuk mendapatkan satu unit mobil Jimny  SJ130 "baru", paling tidak kita harus merogoh kocek Rp 250 jutaan.

Sedangkan harga All New Jimny (4x4), yang tidak lama lagi bakal diproduksi Suzuki Indomobil, di kisaran Rp 230-Rp 280 juta.


Anda mau pilih mana? Semuanya  terserah Anda. :)

Sumber: http://www.otosia.com/berita/restorasi-katana-97-seperti-baru-keluar-dari-dealer.html
Foto: Otosia.com, http://www.iotomotif.com/perkiraan-harga-suzuki-jimny-di-indonesia/45338





Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home