Thursday, June 17, 2004

10 Mitos

Tak seorang pun yang tak ingin sukses. Termasuk --contoh ekstrimnya-- seseorang yang mau bunuh diri. Ia ingin bunuh dirinya sukses, agar tak menanggung malu bila gagal bunuh diri. Untuk meraih sukses, salah satunya, adalah membuat rencana yang matang dan usaha maksimal untuk menjalankan rencananya itu.

Apa rahasia sukses?

Menurut CNI News edisi Maret 2004, jawabannya adalah cara pandang terhadap kesuksesan itu sendiri. Ada 10 mitos cara pandang keliru tentang kesuksesan;

Mitos 1
Orang tidak bisa sukses karena latar belakang pendidikan, kemampuan dan kondisi fisik. Kenyataannya, setiap orang dapat meraih kesuksesan. Masalahnya, seberapa besar mereka menginginkannya, dan apa yang mereka lakukan untuk mencapainya.

Mitos 2
Orang-orang sukses tidak melakukan kesalahan. Kenyataannya, orang-orang sukses juga melakukan kesalahan. Bedanya, mereka tidak melakukan kesalahan untuk kedua kalinya.

Mitos 3
Agar sukses, kita harus bekerja lebih dari 60 jam seminggu. Padahal, persoalannya bukan terletak pada lamanya anda bekerja. Tapi tergantung bagaimana anda melakukan sesuatu yang tepat dengan cara yang tepat pula.

Mitos 4
Anda hanya bisa sukses bila bermain sesuai aturan. Padahal, siapa yang membuat aturan itu? Setiap situasi membutuhkan cara yang berbeda-beda. Kadang-kadang kita harus mengikuti aturan, tetapi di saat lain, andalah yang membuat aturan itu.

Mitos 5
Jika anda selalu minta bantuan, anda tidak sukses. Padahal, sukses jarang sekali terjadi saat anda berada pada posisi tidak berdaya. Dengan mengakui dan menghargai bantuan orang lain, anda berarti membantu keberhasilan anda sendiri.

Mitos 6
Dibutuhkan banyak keberuntungan untuk sukses. Padahal, hanya dibutuhkan sedikit keberuntungan. Yang banyak dibutuhkan adalah kerja keras, kecerdikan, pengetahuan dan penerapan.

Mitos 7
Disebut sukses bila anda mendapatkan banyak uang. Padahal, uang hanya satu dari begitu banyak keuntungan yang diberikan oleh kesuksesan. Uang pun bukan jaminan kesuksesan anda.

Mitos 8
Sukses adalah bila semua orang mengakuinya. Padahal, mungkin anda meraih lebih banyak daripada pengakuan orang lain atas apa yang anda lakukan. Tapi, meski hanya anda sendiri yang mengetahuinya, anda tetap disebut sukses.

Mitos 9
Sukses adalah tujuan. Padahal, lebih dari sekadar bisa meraih tujuan dan cita-cita. Jika anda ingin keberhasilan, maka ajukan pertanyaan: atas hal apa?

Mitos 10
Disebut sukses bila kesulitan berakhir. Anda mungkin sukses, tapi anda bukan Tuhan. Anda tetap harus melalui jalan yang naik-turun, sebagaimana anda alami di masa-masa lalu. Nikmati saja apa yang telah anda raih dan hadapilah hidup setiap hari dengan penuh antusiasme, sebagaimana anda lakukan sebelumnya.

Jakarta, June 17

0 Comments:

Post a Comment

<< Home